Komputer  merupakan  alat  modern  yang  tidak  bisa  dilepaskan  dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor, multimedia, bahkan hiburan. Dewasa ini perkembangan komputer semakin berkembang dan masih akan terus berkembang tanpa batas. Kita sebagai manusia mau tidak mau harus mengikuti perkembangan kemajuan teknologi khususnya bidang  komputerisasi  agar  kita  tidak  termakan  oleh  alat  yang  kita  buat sendiri. Atas dasar itu kami mencoba membahasnya dalam bentuk makalah dengan  harapan  dapat  berguna  bagi  orang  lain  khususnya  bagi  kami. Makalah ini kami juga kami buat untuk memenuhi salah satu tugas liburan yang diberikan oleh dosen bidang studi pengantar ilmu komputer.
Sebetulnya  banyak  sekali  pembahasan  tentang  komputer,  tapi  kami coba  menulis  makalah  dengan  judul  Sistem  Komputer  yang  di  jelaskan secara  umum  atau  garis  besarnya  saja,  jika  kami  membahas  secara keseluruhan itu membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan referensi yang banyak.  Makalah  ini  kami  susun  se-simpel  mungkin  agar  para  pembaca mudah mencernanya dan tidak bosan membacanya, makalah ini juga kami lengkapi	dengan	gambar-gambar	agar	pembaca	tidak	hanya membayangkannya saja tapi bisa mengetahui secara nyata.
Kami selaku penulis mohon maaf jika ada pembahasan yang kurang tepat dan menyimpang, karena kami masih dalam proses belajar. Selamat membaca.
Pengertian Komputer
1.Pengertian Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk	menggambarkan		orang		yang		perkerjaannya	melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian	dipindahkan	kepada	mesin	itu	sendiri.	Asal		mulanya, pengolahan  informasi  hampir  eksklusif  berhubungan  dengan  masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam  definisi  seperti  itu  terdapat  alat  seperti  slide  rule,  jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer  elektronik  yang  kontemporer.  Istilah  lebih  baik  yang  cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang memproses informasi" atau "sistem pengolah informasi."
 
2.1.3 Pengertian Sistem komputer
Sistem	Komputer	adalah	elemen-elemen	yang	terkait	untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari sistem  komputer  terdiri  dari  manusianya  (brainware),  perangkat  lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware).
Dengan  demikian  komponen  tersebut  merupakan  elemen  yang terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa  jika  tidak  ada  salah  satu  dari  dua  lainnya  (software  dan brainware).  Contoh  sederhananya,  siapa  yang  akan  menghidupkan komputer jika tidak ada manusia. Atau akan menjalankan perintah apa komputer tersebut jika tidak ada softwarenya.
Saat teknologi yang dipakai pada komputer digital sudah berganti secara  dramatis  sejak  komputer  pertama  pada  tahun  1940-an  (lihat Sejarah	perangkat	keras	menghitung	untuk	lebih	banyak	detail), komputer  kebanyakan  masih  menggunakan  arsitektur  Von  Neumann, yang diusulkan di awal 1940-an oleh John von Neumann.
Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat  masukan  dan  hasil  (secara  kolektif  dinamakan  I/O).  Bagian  ini dihubungkan oleh berkas kawat, "bus".
Komponen – komponen Komputer
Komponen – komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang tidak bisa terpisahkan yaitu :
1. Hardware ( Perangkat Keras )
- Processing Device
- Input Device
- Output Device
- Storage Device
2. SoftWare ( Perangkat Lunak )
- Operaning System
- Program Aplikasi
- Program Language
3. Brainware ( Orang yang Mengoperasikan Komputer )
2.1.4.1 Hardware (Perangkat Keras) Processing Device
 
1. CPU
Unit Pemproses Pusat atau CPU ( central processing unit) berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. Unit	atau	peranti	pemprosesan	juga	akan	berkomunikasi dengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan.
Contoh  sebuah  CPU  dalam  kemasan  Ball  Grid  Array
(BGA) ditampilkan terbalik dengan menunjukan kaki-kakinya
Dalam arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah Unit Aritmatika dan Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini terletak dalam satu  sirkuit  terpadu  (IC  -  Integrated  Circuit),  yang  biasanya
disebut CPU (Central Processing Unit).
Unit  Aritmatika  dan  Logika,  atau  Arithmetic  Logic  Unit
(ALU), adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan		aritmatika	(tambahan,		pengurangan,	dan semacamnya),		 pelaksanaan	 logis	(AND,	OR,	NOT),	dan pelaksanaan	perbandingan		(misalnya,	 membandingkan	  isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan "kerja" yang nyata.
Unit kontrol menyimpan perintah sekarang yang dilakukan oleh  komputer, memerintahkan  ALU untuk melaksanaan  dan mendapat  kembali  informasi  (dari  memori)  yang  diperlukan untuk melaksanakan perintah  itu,  dan  memindahkan  kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Sekali yang terjadi, unit kontrol pergi ke perintah berikutnya (biasanya ditempatkan di slot  berikutnya,  kecuali  kalau  perintah  itu  adalah  perintah lompatan	yang	memberitahukan	kepada	komputer	bahwa perintah berikutnya ditempatkan di lokasi lain).
 
Input dan Output Device
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, printer, scanner, dan sebagainya.
Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke  dalam  data  yang  bisa  diolah  lebih  lanjut  oleh  sistem komputer  digital.  Alat  output,  men-decode  data  ke  dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam pengertian  ini,  sistem  komputer  digital  adalah  contoh  sistem pengolah data.
1. Input Device
Input merupakan proses pemasukan data ke dalam sistem komputer, adapun alat-alatnya adalah :
- Mouse
- Keyboard
- Scanner
2. Output device
Output merupakan hasil dari sebuah proses pengolahan data, dan komponen-komponen dari output adalah :
 
- Monitor
- Printer
- Speaker
Storage Device
1. Internal Storage
Internal Storage adalah media penyimpanan yang terdapat di dalam komputer seperti :
-	ROM
-	RAM
2. External Storage
External Storage adalah Media Penyimpanan yang terdapat di luar komputer ( Umumnya Berbentuk Disk ), seperti :
-	Hardisk
-	Disket
-	CD
-	Flashdisk
2.1.4.2 Software (Perangkat Lunak) Operating System (Sistem Operasi)
Sistem  operasi  ialah  Program  dasar  pada  komputer  yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer, seperti:
-	Linux
-	Windows
-	Mac OS.
Tugas sistem operasi termasuk (tetapi tidak hanya) mengurus penjalanan	program	di	atasnya,	koordinasi	Input,   Output, pemrosesan,  memori,  serta  penginstalan  dan  pembuangan software.
Sistem operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan,  dan  alat  yang  mana  (seperti  memori  atau  I/O)  yang mereka  gunakan.  Sistem  operasi  juga  memberikan  servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang membolehkan programer  untuk  menulis  program  untuk  suatu  mesin  tanpa perlu	mengetahui	detail	dari	semua	alat	elektronik	yang terhubung.
Program Aplikasi
Program Aplikasi adalah sebuah program untuk mengerjakan suatu pekerjaan tertentu, seperti :
-	Microsoft Office
-	Antivirus
-	Pemutar Musik
Program Language (Bahasa Pemrograman)
Program  laguage  atau  bahasa  pemrograman  adalah  bahasa yang  digunakan  oleh  manusia  untuk  berkomunikasi  dengan komputer,  karena  komputer  memiliki  bahasa  sendiri  maka komputer  tidak  akan  merespon  selain  menggunakan  bahasa pemrograman, seperti :
-	Visual basic
-	Turbo pascal
-	Delphi
Brainware
Brainware adalah orang yang mengoperasikan sebuah komputer, karena jika tidak ada orang yang mengoperasikan maka tidak akan dapat digunakan.
2.2 Dasar Sistem komputer
Dasar suatu sistem komputer pada umumnya terbagi 6, yaitu :
1.  Satuan Data
 
2.  Penyajian Informasi
3.  Komponen Sistem Komputer
4.  CPU
5.  Memori Internal
6.  Perkembangan Komputer di Masa Mendatang
 Satuan Data
 Satuan Data terkecil dalam komputer adalah bit.
 Satuan terkecil untuk menggambarkan ukuran memori adalah
Byte.
 Kadang juga digunakan satuan dalam bit per detik (bps = bit per second).
Berikut adalah Daftar Satuan data :
Satuan	Ekivalen	Keterangan
byte	8 –bit	21
Kilobyte	1024 byte	210
Megabyte	1024 kilobyte	220
Gigabyte	1024 megabyte	230
Terabyte	1024 gigabyte	240
Petabyte	1024 terabyte	250
 
Berikut adalah Satuan Waktu dan Frekuensi :
Satuan	Ekivalen	Ket.
Milidetik	1/1.000 detik	10-3
Mikrodetik	1/1.000.000 detik	10-6
Nanodetik	1/1.000.000.000 detik	10-9
Pikodetik	1/1.000.000.000.000 detik	10-12
Sistem Pengkodean Karakter
Terdapat beberapa jenis sistem pengkodean karakter, Tiga yang paling populer adalah:
 	ASCII
ASCII (American Standard Code for Information Interchange) dikembangkan	oleh	ANSI	(American	National	Standards Institute). Pada awalnya menggunakan 7-bit untuk menyatakan sebuah	kode.	 Belakangan		ASCII	dikembangkan	dengan menggunakan 8-bit.
 	EBDIC
EBCDIC	(Extended	Binary	Coded	Decimal	Interchange
Code) dibuat IBM pada tahun 1950-an dengan menggunakan
8-bit untuk setiap kode. Pertama kali digunakan pada IBM System/360.	Standard	ini	diterapkan	pada	komputer mainframe.
 	Unicode
Contoh Karakter pada EBCDIC & ASCII
Karakter	
Biner ASCII	
Biner EBCDIC
A	
1100 0001	
1010 0001
B	
1100 0010	
1010 0010
C	
1100 0011	
1010 0011
0	
1110 0000	
0101 0000
1	
1111 0001	
0101 0001
2	
1111 0010	
0101 0010
 
Sistem Bilangan
Komputer digital hanya mengenal dua kondisi yaitu “on” dan “off” atau dinyatakan dengan bilangan 0 dan 1.Jadi semua data maup un instruksi harus diubah menjadi bentuk 0 dan 1 (biner) agar dapat diolah oleh komputer. Jadi nantinya semua basis bilangan harus dapat dikonversikan ke basis biner.
2.2.4  Representasi Bilangan
Membahas  tinjauan  secara  software  dan  hardware  bagaimana sistem bilangan disimpan dalam memori dan ditampilkan	Tiga sistem bilangan:
Bilangan bulat positif (unsigned Integer) Bilangan bulat negatif (signed Integer) Bilangan Pecahan (floating point)
2.2.5	Perkembangan Sistem Komputer
Generasi Komputer berdasarkan tekologinya
Vacuum tube - 1946-1957
Transistor - 1958-1964
Small Scale Integration - 1965 on
o Up to 100 devices on a chip Medium Scale Integration - to 1971 o 100-3,000 devices on a chip
Large Scale Integration - 1971-1977
o 3,000 - 100,000 devices on a chip
 
Very Large Scale Integration - 1978 to date
o 100,000 - 100,000,000 devices on a chip
Ultra Large Scale Integration
o Over 100,000,000 devices on a chip
Pentium Evolution
o 8080
first general purpose microprocessor
8 bit data path
Used in first personal computer – Altair
o 8086
much more powerful
16 bit
instruction cache, prefetch few instructions
8088 (8 bit external bus) used in first IBM PC
o 80286
16 Mbyte memory addressable up from 1Mb
o 80386
32 bit
Support for multitasking
o 8080
first general purpose microprocessor
8 bit data path
Used in first personal computer – Altair
o 8086
much more powerful
16 bit
instruction cache, prefetch few instructions
8088 (8 bit external bus) used in first IBM PC
o 80286
16 Mbyte memory addressable up from 1Mb
o 80386
32 bit
Support for multitasking
Pentium II
o MMX technology
o graphics, video & audio processing
Pentium III
o Additional floating point instructions for 3D graphics
Pentium 4
o Note Arabic rather than Roman numerals
o Further floating point and multimedia enhancements
 
Itanium
o 64 bit
Sejarah Perkembangan Komputer
Berdasarkan perkembangan teknologi komputer, maka perkembangannya dapat kita bagi menjadi 2 bagian yaitu : a. Sebelum tahun 1940
b. Setelah tahun 1940
Sebelum tahun 1940
Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia	dalam	penghitungan	dan	pengolahan	data	supaya	bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuanpenemuan manusia sejah dahulu kala berupa  alat  mekanik  maupun  elektronik.  Saat  ini  komputer  dan  piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia. Bagaimanapun juga alat  pengolah  data  dari  sejak  jaman  purba	sampai  saat  ini  bisa  kita golongkan ke dalam 4 golongan besar.
1.  Peralatan  manual:  yaitu  peralatan  pengolahan  data  yang  sangat sederhana,	dan	faktor	terpenting	dalam	pemakaian	alat	adalah menggunakan tenaga tangan manusia
2. Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik
yang digerakkan dengan tangan secara manual
3. Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik
4.  Peralatan  Elektronik:  Peralatan  yang  bekerjanya  secara  elektronik
penuh.
Beberapa peralatan yang telah digunakan sebagai alat hitung sebelum ditemukannya komputer :
1. Abarcus
Muncul  sekitar  5000  tahun  yang  lalu  di  Asia  kecil  dan  masih
digunakan  di  beberapa  tempat  hingga  saat  ini,  dapat  dianggap sebagai	awal	mula	mesin	komputasi.	Alat	ini	memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan bijibijian geser  yang  diatur  pada  sebuh  rak.  Para  pedagang  di  masa  itu menggunakan  abacus  untuk  menghitung  transaksi  perdagangan. Seiring  dengan  munculnya  pensil  dan  kertas,  terutama  di  Eropa, Abacus kehilangan popularitasnya.
2. Kalkulator  Roda numerik
Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin
komputasi. Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak.
Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbataas untuk melakukan penjumlahan.
3. Kalkulator roda numerik 2
Tahun  1694,  seorang  matematikawan  dan  filsuf  Jerman,  Gottfred Wilhem  von  Leibniz  (1646-1716)  memperbaiki  Pascaline  dengan membuat	mesin	yang	dapat	mengalikan.	Sama	seperti
 
pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-
roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.
4. Kalkulator Mekanik
Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi		  karena	 alat		tersebut	  dapat		melakukan	  penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer  banyak  dipergunakan  hingga  masa  Perang  Dunia  I. Bersama-sama  dengan  Pascal  dan  Leibniz,  Colmar  membantu membangun era  komputasi mekanikal.  Awal  mula  komputer  yang sebenarnya  dibentuk  oleh  seorang  profesor  matematika  Inggris, Charles			Babbage		  (1791-1871).		  Tahun	1812,			Babbage memperhatikan	 kesesuaian	alam	antara		mesin		mekanik		dan matematika:mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan  tugas yang	sama	berulangkali		tanpa		kesalahan;	   sedang	matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertenu. Masalah		  tersebut	   kemudain		berkembang	 hingga	 menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik. Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada	 tahun	 1822	ketika	  ia		  mengusulkan	   suatu	  mesin	untuk melakukan	  perhitungan		persamaan	 differensil.		Mesin	 tersebut dinamakan Mesin Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin  tersebut  dapat  menyimpan  program  dan  dapat  melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun, Babbage tibatiba terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine. Asisten Babbage, Augusta Ada  King  (1815-1842)  memiliki  peran  penting  dalam  pembuatan mesin ini. Ia membantu merevisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintah  Inggris,  dan  mengkomunikasikan  spesifikasi  Anlytical Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang		mesin	ini	memungkinkannya	membuat	 instruksi	untuk dimasukkan	ke		dlam	 mesin		dan		juga	membuatnya	  menjadi programmer wanita yang pertama. Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan	 Amerika		  Serikat		 menamakan	 sebuah		bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya. Pada 1889, Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya adalah	menemukan		cara	  yang	 lebih		 cepat	untuk		melakukan
 
perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus sebelumnya
yang dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan. Dengan berkembangnya populasi, Biro tersebut  memperkirakan  bahwa  dibutuhkan  waktu  sepuluh  tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus.
Pada masa berikutnya, beberapa insinyur membuat p enemuan baru lainnya.  Vannevar  Bush  (1890-1974)  membuat  sebuah  kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi. Mesin tersebut sangat  besar  dan  berat  karena  ratusan  gerigi  dan  poros  yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan. Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba  membuat  komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem  biner  aljabar,  yang  menyatakan  bahwa  setiap  persamaan matematik  dapat  dinyatakan  sebagai  benar  atau  salah.  Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik  pertama  di  tahun  1940.  Namun  proyek  mereka  terhenti karena kehilangan sumber pendanaan.
Setelah tahun 1940
Perkembangan  komputer  setelah  tahun  1940  dibagi  lagi  menjadi  5
generasi, yaitu :
1. Komputer generasi pertama ( 1940-1959 )
Komputer  generasi  pertama  ini  menggunakan  tabung  vakum  untuk memproses  dan  menyimpan  data.  Ia  menjadi  cepat  panas  dan  mudah terbakar,  oleh	karena	 itu	beribu-ribu	tabung  vakum	  diperlukan	untuk menjalankan  operasi  keseluruhan  komputer.  Ia  juga  memerlukan  banyak tenaga elektrik yang menyebabkan gangguan elektrik di kawasan sekitarnya. Komputer generasi pertama ini 100% elektronik dan membantu para ahli dalam	menyelesaikan	masalah	perhitungan	dengan	cepat	dan	tepat. Beberapa komputer generasi pertama :
a. ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator )
dirancang oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946.
Komputer  generasi  ini  sudah  mulai  menyimpan  data  yang  dikenal
sebagai  konsep  penyimpanan  data  (stored  program  concept)  yang dikemukakan oleh John Von Neuman.
b.EDVAC Computer
Penggunaan tabung vakum juga telah dikurangi di dalam perancangan komputer EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) di mana proses perhitungan menjadi lebih cepat dibandingkan ENIAC.
c. EDSAC Computer
EDSAC	(Electonic	Delay	Storage	Automatic	Calculator) memperkenalkan  penggunaan  raksa  (merkuri)  dalam  tabung  untuk menyimpan data.
d.UNIVAC 1 Computer
Pada  tahun  1951  Dr  Mauchly  dan  Eckert  menciptakan  UNIVAC  1 (Universal Automatic Calculator ) komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perdagangan.
2. Komputer generasi kedua ( 1959 - 1964 )
Pada	tahun	1948,	penemuan	transistor	sangat	mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tabung vakum di televisi,
radio,  dan  komputer.  Akibatnya,  ukuran  mesin-mesin  elektrik  berkurang
drastis.
Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat  diandalkan,  dan  lebih  hemat  energi  dibanding  para  pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer.
IBM  membuat  superkomputer  bernama  Stretch,  dan  Sprery-Rand membuat	komputer	bernama		LARC.	Komputer-komputer	 ini,	yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani data dalam jumlah  yang  besar.  Mesin  tersebut  sangat  Mahal  dan  cenderung  terlalu kompleks	untuk		kebutuhan	 komputasi		bisnis,		sehingga	membatasi kepopulerannya.	Hanya	ada	dua	LARC	 yang	pernah	dipasang		dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington
D.C.
Komputer generasi kedua Menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan- singakatan  untuk  menggantikan  kode  biner.  Pada  awal  1960-an,  mulai bermunculan  komputer  generasi  kedua  yang  sukses  di  bidang  bisnis,  di universitas,  dan  di  pemerintahan.  Komputer-komputer  generasi  kedua  ini merupakan  komputer  yang  sepenuhnya  menggunakan  transistor.  Mereka juga	memiliki	komponen-komponen	yang	dapat	diasosiasikan	dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
 
Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secaa luas di kalangan  industri.  Pada tahun  1965,  hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas	bagi	penggunaan	bisnis.	Dengan	konsep	ini,	komputer	dapa
tmencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan  pada  saat  itu.  Bahasa  pemrograman  Common  Business- Oriented  Language  (COBOL)  dan  Formula  Translator  (FORTRAN)  mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan	mengatur	komputer.	Berbagai	macam	karir	baru	bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.
3. Komputer generasi ketiga ( 1964 - awal 80an )
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor  menghasilkan  panas  yang  cukup  besar,  yang  dapat  berpotensi merusak	bagian-bagian	internal	komputer.		Batu	kuarsa		(quartz	rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil  yang  terbuat  dari  pasir  kuarsa.  Pada  ilmuwan  kemudian  berhasil memasukkan  lebih  banyak  komponen-komponen  ke  dalam  suatu  chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer	 generasi	ketiga	lainnya	adalah	penggunaan	sistem	operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
4. Komputer generasi keempat ( awal 80an - Sekarang )
Setelah  IC,  tujuan  pengembangan  menjadi  lebih  jelas:  mengecilkan ukuran sirkuit dan komponenkomponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
 
Ultra-Large  Scale  Integration  (ULSI)  meningkatkan  jumlah  tersebut
menjadi	jutaan.	Kemampuan	untuk	memasang	sedemikian	banyak komponen  dalam  suatu  keping  yang  berukurang  setengah  keping  uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel
4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan  seluruh  komponen  dari  sebuah  komputer  (central  processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya,  IC  dibuat  untuk  mengerjakan  suatu  tugas  tertentu  yang spesifik.Sekarang,  sebuah  mikroprosesor  dapat  diproduksi  dan  kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dn mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan  komputer  biasa.  Komputer  tidak  lagi  menjadi  dominasi perusahaanperusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputerkomputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti  lunak  yang  paling  populer  pada  saat  itu  adalah  program  word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari
2600  menarik  perhatian  konsumen  pada  komputer  rumahan  yang  lebih canggih dan dapat diprogram.
Pada	tahun	1981,	IBM	memperkenalkan	penggunaan	Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada  di  atas  meja  (desktop  computer)  menjadi  komputer  yang  dapat
dimasukkan  ke  dalam  tas  (laptop),  atau  bahkan  komputer  yang  dapat
digenggam (palmtop).
IBM  PC  bersaing  dengan  Apple  Macintosh  dalam  memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.
Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu  dengan  yang  lainnya.  Komputer  jaringan  memungkinkan  komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area  network,  LAN),  atau  kabel  telepon,  jaringan  ini  dapat  berkembang menjadi sangat besar.
5. Komputer generasi kelima ( masa depan )
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semkain memungkinkan	pembuatan	komputer	generasi	kelima.	Dua	kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara  serempak.  Kemajuan  lain  adalah  teknologi  superkonduktor  yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi
Jepang  adalah  negara  yang  terkenal  dalam  sosialisasi  jargon  dan
proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology)  juga  dibentuk  untuk  merealisasikannya.  Banyak  kabar  yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma  komputerisasi di  dunia.  Kita  tunggu  informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.
 
PENUTUP
kesimpulnya bahwa :
Sistem	Komputer	adalah	elemen-elemen	yang	terkait	untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari sistem  komputer  terdiri  dari  manusianya  (brainware),  perangkat  lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware).
Komponen – komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang tidak bisa terpisahkan yaitu :
1.	Hardware ( Perangkat Keras )
- Processing Device
- Input Device
- Output Device
- Storage Device
2.	SoftWare ( Perangkat Lunak )
- Operaning System
- Program Aplikasi
- Program Language
3.	Brainware ( Orang yang Mengoperasikan Komputer )
Perkembangan komputerpun sangat cepat sekali dan dapat di bagikan menjadi 5 generasi, yaitu :
1.	Komputer generasi pertama ( 1940-1959 ).
2.	Komputer generasi kedua ( 1959 - 1964 )
3.	Komputer generasi ketiga ( 1964 - awal 80an )
4.	Komputer generasi keempat ( awal 80an - Sekarang )
5.	Komputer generasi kelima ( masa depan )
Demikian yang bisa kami simpulkan, semoga makalah ini bermanfaat guna proses pembelajaran khususnya bidang studi Pengantar Ilmu komputer. Apabila	makalah	ini	terdapat	kekurangan	maupun	kesalahan	dalam penulisan/pembahasan kami mohon maaf, karena kami masih dalam proses pembelajaran. Terimakasih.
 
DAFTAR PUSTAKA
http://www.azmifauzan.web.id http://id.wikipedia.org http://laeguru.wordpress.com/
Modul STMIK AMIKOM YOGYAKARTA