BAHAN BELAJAR MANDIRI_Sistem Komputer Laptop
BAHAN BELAJAR MANDIRI 
Sebelum  bisa menggunakan komputer untuk mendukung kegiatan belajar, guru  peserta program BERMUTU perlu terlebih dahulu mengenal komputer beserta  komponen-komponen atau bagian-bagian yang dapat dihubungkan dengannya.  Pengetahuan ini penting agar guru semakin mengenal perangkat utama yang  akan digunakan dan berbagai perangkat tambahan yang perlu dan dapat  dipasangkan pada komputer. 
Pada  kegiatan awal ini, guru hanya perlu mengidentifikasi komputer yang akan  digunakan terutama dari sisi perangkat kerasnya, dan mampu menjelaskan  fungsi masing-masing perangkat yang terhubung dengan komputer. 
Tujuan pembelajaran yang harus dicapai pada unit kegiatan ini adalah:
                                                            a.      Peserta kegiatan mampu mengenal bagian-bagian komputer secara garis besar.
                                                            b.      Peserta kegiatan mampu menjelaskan fungsi masing-masing bagian komputer.
                                                            c.      Peserta kegiatan mampu mengenal perangkat-perangkat yang dapat dipasangkan pada komputer.
                                                            d.      Peserta kegiatan mampu menjelaskan fungsi masing-masing perangkat yang terpasang pada komputer.
                                                            a.      Komputer (berbentuk desktop atau laptop) dengan sistem operasi Windows XP (atau yang lebih baru) lengkap dengan perangkat periferal, paling kurang terdiri atas: mouse, keyboard, printer.  
                                                            b.      Bahan Belajar Mandiri (BBM) TIK Unit A0: Mengenal Komputer
                                                            c.      Buku Kerja Guru
A.          Mengenal Komputer
Komputer  adalah perangkat elektronik serbaguna yang dapat diprogram untuk  berbagai keperluan. Saat ini, hampir tidak ada satupun kantor yang tidak  memiliki komputer. Komputer digunakan untuk menulis surat, membuat  laporan, membuat rencana anggaran, dan sebagainya. Bahkan, beberapa  kantor menggunakannya untuk mengirim dan menerima faksimili, mengirim  dan menerima email surat elektronik, dan menggunakannya sebagai  sarana pengambilan dan penyajian informasi. Kantor lainnya mungkin  menggunakan komputer sebagai sarana pemantau dan pengendali proses  produksi.
Berdasarkan bentuk dan ukurannya, saat ini dikenal:
                                                            a.      Komputer desktop, yakni komputer yang dirancang untuk diletakkan di atas meja. Pada komputer jenis ini, keyboard, layar monitor, dan boks prosesor (CPU, central processing unit) merupakan bagian-bagian yang terpisah;
                                                            b.      Komputer laptop, yakni komputer yang bentuknya jauh lebih kecil dari komputer desktop yang bagian-bagiannya (keyboard,  monitor, boks CPU) menyatu sehingga menjadi lebih ringkas. Komputer  jenis ini biasanya lebih mahal harganya karena menggunakan layar monitor  jenis LCD (liquid crystal display). Ukuran komputer laptop juga ada berbagai macam, misalnya notebook (yang ukurannya setara dengan kertas A4) atau subnotebook (yang lebih kecil daripada komputer notebook).
Dalam sistem komputer, sering disebut istilah-istilah perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware. Hardware atau perangkat keras adalah perangkat komputer yang secara fisik dapat dilihat atau diraba. Prosesor, memori, monitor, CD (compact disk) drive, dan sebagainya, adalah perangkat keras. Perangkat lunak atau software  adalah perangkat komputer yang keberadaannya dapat ditunjukkan oleh  sistem komputer tetapi secara fisik tidak kasat mata. Sistem operasi,  program aplikasi, dan data,  adalah perangkat lunak. Sistem operasi  adalah program komputer yang mengatur komunikasi serta lalu lintas data  di dalam sistem komputer dan dengan perangkat lain yang terpasang pada  sistem komputer. Program aplikasi adalah  program komputer yang  dirancang untuk menjalankan tugas tertentu (misalnya mengatur pengetikan  dokumen, mengolah gambar, dan sebagainya). Contoh program aplikasi  antara lain: Microsoft Word, Microsoft Excel , Microsoft PowerPoint, Norton Antivirus, dan sebagainya. Brainware adalah sebutan untuk manusia yang berperan sebagai pemrogram ataupun pengguna komputer.
B.          Bagian-bagian Komputer
Pada makalah ini, fokus pembahasan ditujukan pada komputer desktop, yakni jenis kompuer yang paling banyak digunakan di kantor-kantor maupun rumah tangga. Komputer desktop biasanya terdiri dari bagian-bagian pokok sebagai berikut:
                                                            a.      Unit Sistem (System Unit) atau Boks CPU, yakni bagian utama komputer yang berisi prosesor, memori, mainboard, dan beberapa perlengkapan lain (misalnya: harddisk, disk drive,  CD-ROM drive, dan sebagainya).
                                                            b.      Monitor, yakni layar penampil teks dan gambar. Pada umumnya, monitor komputer menggunakan tabung sinar katode (CRT, cathode ray tube). Komputer mutakhir saat ini sudah menggunakan monitor LCD.
                                                            c.      Keyboard, yakni papan ketik untuk mengetikkan teks dan perintah-perintah lain ke dalam sistem komputer.
                                                            d.      Mouse, yakni peranti masukan yang digunakan sebagai sarana memberikan perintah ke dalam sistem komputer.
                                                            e.      Speaker, yakni peranti untuk memperdengarkan suara yang dihasilkan oleh sistem komputer.
Sebagai  perangkat yang umumnya digunakan di kantor-kantor, komputer banyak  dilengkapi dengan perangkat-perangkat tambahan misalnya: printer (untuk mencetak teks dan gambar), scanner (untuk mendigitalkan gambar atau teks), modem (untuk berkomunikasi dengan komputer lain melalui saluran komunikasi), dan sebagainya.
Gambar A0- 1  Sistem Komputer Laptop
Boks CPU (System Unit)
Boks CPU adalah kotak (casing) yang berisi komponen elektronik yang menjadi bagian penting dari sistem komputer. Di dalam boks CPU (central processing unit) ini terdapat papan-induk (atau disebut motherboard atau mainboard) tempat berbagai komponen elektronik di pasang, pemasok daya listrik (power supply)  yang mengubah daya listrik dari jala-jala listrik menjadi daya listrik  bertegangan rendah untuk memasok listrik pada seluruh sistem elektronik  yang terpasang. 
Pada motherboard terpasang antara lain: prosesor, memori (random access memory), harddisk (merupakan tempat menyimpan data dan program), disk drive atau floppy disk drive (merupakan tempat dan alat untuk membaca dan menuliskan data pada disket), CD ROM drive (merupakan tempat dan alat untuk membaca isi CD/compact disk), CD writer (merupakan tempat dan alat untuk membaca dan menuliskan data pada CD/compact disk), DVD ROM drive (merupakan tempat dan alat untuk membaca isi DVD/digital versatile disk atau digital video disk), DVD writer (merupakan tempat dan alat untuk membaca dan menuliskan data pada DVD), DVD combo (merupakan tempat dan alat untuk membaca isi DVD  sekaligus dapat digunakan sebagai alat untuk membaca dan menuliskan  data pada CD). Pada motherboard dipasang juga rongga ekspansi (expansion slot) untuk perluasan sistem. 
Gambar A0- 2 Bagian dalam kotak CPU
Prosesor
Prosesor dapat dikatakan sebagai otak dari sebuah sistem komputer. Prosesor adalah komponen elektronik yang terpasang pada mainboard, dan berada di dalam boks CPU. Saat ini ada dua produsen besar yang menghasilkan prosesor bagi komputer yaitu Intel Corporation dan AMD Corporation,  keduanya adalah perusahaan pembuat komponen elektronik di Amerika  Serikat. Prosesor buatan Intel dikenal dengan nama Pentium I, Pentium  II, Pentium III, Pentium 4, Celeron, sedangkan prosesor buatan AMD  dikenal dengan nama: Duron, Athlon, dan Sempron.
Memori
Memori  adalah komponen elektronik yang fungsinya menyimpan program atau data  yang akan segera  ditransfer dan diproses oleh prosesor. Kapasitas  memori diukur dalam satuan Megabyte (MB). Sebagai gambaran kasar, 1 byte  adalah ukuran memori yang mampu menyimpan satu huruf. Satu Megabyte  adalah 1 x 1024 x 1024 byte atau 1048576 byte. Sistem komputer saat ini  umumnya memiliki memori dengan kapasitas sama dengan atau lebih besar  daripada 128 Megabyte. Isi memori bersifat sementara atau temporer,  artinya data dan program yang tersimpan di dalamnya akan hilang bila  pasokan daya listriknya diputus. Oleh karena itu, bila catu daya listrik  tiba-tiba mati dan kita belum sempat menyimpan hasil kerja kita maka  hasil kerja tersebut akan hilang.
Hardisk
Harddisk juga pada umumnya tersimpan dalam boks CPU. Beberapa harddisk dirancang berada di luar boks CPU supaya lebih portabel (dapat dipindah-pindahkan). Kapasitas harddisk diukur dalam satuan Gigabyte (GB). Satu Gigabyte adalah 1024 x 1024 Megabyte (MB). Sistem komputer saat ini umumnya memiliki harddisk sama dengan atau lebih besar dari 40 GB. Harddisk digunakan untuk menyimpan data dan program secara lebih permanen. Data dan program tidak akan hilang dari harddisk jika komputer dimatikan.
Monitor
Monitor  atau layar penampil adalah perangkat elektronik serupa layar televisi  yang berfungsi menayangkan teks atau gambar  yang dihasilkan oleh sistem  komputer. Sampai saat ini monitor komputer pada umumnya merupakan  tabung sinar katode, yakni tabung elektronik yang menghasilkan gambar  akibat benturan antara berkas sinar elektron dengan lapisan fosfor yang  berpendar. Akhir-akhir ini mulai populer digunakan monitor yang  menggunakan teknologi LCD (liquid crystal display) atau panel TFT, meskipun harganya relatif lebih mahal dibanding monitor tabung sinar katode.
Tingkat  kehalusan tampilan gambar pada layar monitor ditentukan oleh  resolusinya. Komputer saat ini pada umumnya mampu menampilkan gambar  dengan resolusi 1024 x 768 piksel dalam satu layar penuh (1 piksel  adalah satu titik cahaya pada layar monitor) atau 800 x 600 piksel.  Monitor mutakhir saat ini juga mampu menghasilkan 65536 warna (16 bit)  dan  4294967296 warna (32 bit) tergantung kartu atau sistem video yang  digunakan.
Keyboard
Keyboard  atau papan ketik adalah unit masukan bagi komputer yang terdiri dari  tombol-tombol tekan untuk mengetik teks atau memberi perintah pada  komputer. Secara garis besar tombol-tombol ini dapat digolongkan ke  dalam 4 kelompok, yakni tombol huruf yang mewakili 26 huruf dalam  alfabet Latin (A-Z) dalam susunan QWERTY, tombol fungsi (F1-F12) yang  digunakan untuk mengakses perintah-perintah tertentu tergantung program  yang sedang aktif, tombol angka (baik pada numeric pad maupun pada tombol utama) untuk mengetik angka, dan tombol-tombol khusus yang jumlahnya bervariasi tergantung perancang keyboard. Yang termasuk dalam golongan tombol khusus adalah tombol pengarah kursor (antara lain: á, à, â, ß, Page Up, Page Down, Insert, Home, Delete, Print Screen SysRq, Scroll Lock). 
Gambar A0- 3 Keyboard
Keyboard  terhubung sebagai bagian dari sistem komputer melalui penghubung atau  konektor yang berada di bagian belakang boks CPU. Ada tiga jenis  konektor untuk keyboard  yakni konektor tipe AT, konektor tipe  PS/2, dan konektor USB. Konektor tipe AT sudah jarang digunakan.  Konektor ini digunakan pada komputer dengan prosesor Pentium I dan  generasi sebelumnya. Konektor tipe PS/2 untuk mouse berupa konektor 6-pin yang biasanya ditempatkan berdampingan dengan konektor mouse.    Jumlah pin keduanya juga sama, yang membedakan hanyalah warna konektor.  Konektor untuk mouse biasanya berwarna hijau sedangkan konektor keyboard berwarna ungu. 
Mouse
Mouse  adalah perangkat masukan bagi komputer yang fungsi utamanya adalah  memberi perintah kepada komputer melalui penekanan tombol sekali (klik)  atau dua-kali (dobel-klik). Pada umumnya mouse memiliki dua tombol (kiri  dan kanan). Mouse dengan tiga tombol kadang-kadang juga ditemui  meskipun banyak program yang hanya memanfaatkan dua tombol (kiri dan  kanan) saja. Tombol generasi baru dilengkapi dengan roda-geser di antara  dua tombol yang dapat digunakan untuk menggeser tampilan di layar  monitor ke arah vertikal. 
Gambar A0- 4 Mouse
Berdasarkan teknologi yang digunakan ada dua jenis mouse, yaitu mouse dengan penggerak kursor berupa bola yang berputar bila mouse digeser, dan mouse optik dengan sinar infra merah dan penjejak optik sebagai pengindera arah gerak mouse. 
Mouse  terhubung sebagai bagian dari sistem komputer melalui konektor yang  berada di bagai belakang boks CPU. Ada tiga jenis konektor untuk mouse yakni konektor tipe PS/2, konektor serial (COM) dan konektor USB (Universal Serial Bus). Konektor tipe serial (COM) sudah jarang digunakan untuk mouse. Konektor ini digunakan pada komputer dengan prosesor Pentium I dan generasi sebelumnya. Konektor tipe PS/2 untuk mouse berupa konektor 6-pin yang biasanya ditempatkan berdampingan dengan konektor keyboard.   Jumlah pin keduanya juga sama, yang membedakan hanyalah warna konektor. Konektor untuk mouse biasanya berwarna hijau sedangkan konektor keyboard  berwarna ungu. Konektor USB adalah tipe konektor baru yang secara umum  dapat digunakan untuk semua perangkat masukan/keluaran kecuali speaker dan monitor. Konektor USB umumnya digunakan untuk mouse dengan penjejak optik (optical mouse). Perangkat elektronik mutakhir, misalnya kamera digital, ponsel, player audio/video, dan sebagainya, umumnya menyertakan konektor USB untuk menghubungkannya dengan sistem komputer.
Speaker
Speaker yang terpasang pada komputer pada dasarnya sama dengan speaker yang dipasang pada sistem tata suara pada umumnya. Hanya saja, speaker pada komputer biasanya dari jenis speaker aktif, yakni speaker yang dilengkapi dengan amplifier dalam satu kotaknya. Kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker bisa sangat bagus bila digunakan kartu suara (sound card) berkualitas tinggi.
Speaker terhubung sebagai bagian dari sistem komputer melalui konektor speaker yang biasanya ditempatkan pada bagian belakang boks CPU. Beberapa jenis boks CPU menempatkan konektor speaker ini di depan sehingga mudah diakses oleh pengguna.
Pada umumnya, konektor speaker ini berada dalam satu deretan dengan konektor untuk mikrofon dan konektor penghubung ke sistem penguat suara (amplifier).  Mikrofon (dengan program aplikasi khusus) digunakan untuk merekam suara  dan mengubahnya menjadi isyarat digital yang disimpan sebagai file komputer. 
C.          Hubungan Antar Bagian Komputer
Semua  bagian-bagian sistem komputer dihubungkan dengan boks CPU sebagai  pusatnya. Pada bagian belakang boks CPU biasanya ditempatkan  konektor-konektor untuk menghubungkan boks CPU dengan mouse, keyboard, monitor, printer, dan sebagainya.
Gambar A0- 5 Konektor PS/2 untuk keyboard dan mouse 
Keyboard dan mouse  tipe PS/2 terhubung sebagai bagian dari sistem komputer melalui  konektor 6-pin yang umumnya terletak berdampingan di bagian belakang  boks CPU. Demikian juga konektor USB, baik untuk keyboard, mouse, maupun perangkat lainnya (misalnya printer dan scanner),  biasanya terletak di bawah konektor PS/2. Beberapa jenis boks CPU  menempatkan konektor USB tambahan di bagian depan atau samping boks CPU.  Kelebihan konektor USB adalah bahwa ia dapat diperbanyak jumlahnya  dengan memasangkan konektor USB tambahan yang dipercabangkan dari  konektor USB tersebut.
Konektor USB dapat digunakan sebagai penghubung sistem komputer dengan peralatan lain misalnya:
                                                            a.      Printer
                                                            b.      Scanner
                                                            c.      Kamera digital
                                                            d.      Handphone
                                                            e.      Handycam/Camcoder
                                                            f.      Flashdisk
                                                            g.      Ipod
                                                            h.      MP3 player
Gambar A0- 6  Konektor USB
Printer dan scanner generasi lama (sebelum 1995), pada umumnya masih menggunakan port paralel sebagai konektor penghubung ke sistem komputer. Port paralel berbentuk konektor tipe-D 25 pin yang ditempatkan di bagian belakang boks CPU. Warna merah jambu merupakan penanda bagi port paralel ini.
Boks CPU umumnya dilengkapi dengan dua buah konektor atau port serial (disebut juga COM1 dan COM2). Pada masa lalu, port ini digunakan sebagai konektor untuk mouse  dan modem. Modem adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan  komputer dengan jaringan Internet melalui kabel telepon. Saat ini, baik mouse  maupun modem lebih banyak yang menggunakan konektor USB daripada port  paralel karena lalu lintas datanya lebih cepat dan perangkat yang  terhubung USB dapat dikenali secara otomatis oleh komputer dengan sistem  operasi Windows XP.
Gambar A0- 7 Port paralel dan serial
Gambar A0- 8  Port Paralel tipe D-25 pin
Pada sistem komputer yang memiliki kartu jaringan internal yang disatukan dalam mainboard-nya (on-board LAN card), bagian belakang boks CPU-nya memiliki konektor ethernet yang dapat dihubungkan langsung dengan jaringan lokal.
Gambar A0- 9  Konektor ethernet
D.          Perangkat-Perangkat Periferal
Perangkat  periferal adalah perangkat yang terhubung ke sistem komputer baik  berfungsi sebagai pendukung sistem komputer maupun perangkat tambahan  yang fungsinya dikendalikan oleh komputer. Perangkat-perangkat itu  antara lain: printer, scanner, CD/DVD Reader/Writer, Harddisk Eksternal, Pembaca Kartu (Card Reader), Flashdisk,  dan sebagainya.
Pencetak (Printer)
Pencetak atau printer  merupakan perangkat yang hampir bisa dipastikan terpasang pada  komputer, terutama komputer yang digunakan sebagai perlengkapan kantor.  Bisa jadi hanya terpasang satu pencetak untuk digunakan oleh beberapa  komputer dalam satu jaringan, ataupun  digunakan oleh beberapa komputer  secara bergantian dengan mengatur saklar pembaginya.
Saat ini terdapat  tiga  teknologi pencetak yang digunakan, yakni:
                                                            a.      Pencetak matriks titik (dot matrix),  yakni pencetak yang grafis cetakannya didapatkan dengan memukulkan  pin-pin (jarum-jarum) pencetak di atas kertas. Di antara kertas dan  pin-pin itu dipasang pita karbon sehingga pola yang terbentuk dari  pukulan pin-pin tersebut akan tercetak pada kertas. Pencetak jenis ini  masih banyak digunakan terutama untuk mencetak dokumen yang memerlukan  tindasan atau cetak tembus. Cetakan pin-pin tersebut dapat menembus  kertas stensil maupun lembar-lembar kertas berkarbon yang dipasang pada  rol pencetaknya.
                                                            b.      Pencetak  semprot-tinta, yakni pencetak yang grafis cetakannya didapatkan dengan  menyemprotkan tinta di atas permukaan kertas. Semprotan tinta bervolume  sangat kecil (sekali semprot hanya beberapa pikoliter atau beberapa kali  10-12  liter) ini membentuk huruf, angka, simbol, maupun gambar-gambar  di permukaan kertas. Di pasaran, pencetak jenis ini dikenal dengan merk  dagang inkjet atau deskjet.
                                                            c.      Pencetak  laser, yakni pencetak yang menggunakan teknik pencetakan sama dengan  mesin fotokopi, hanya saja citra yang dicetak berasal dari berkas laser  yang disorotkan ke drum pencetaknya. Selanjutnya, drum pencetak ini  secara elektrostatik akan menempelkan bubuk tinta di atas kertas sesuai  dengan citra yang dibentuk oleh berkas laser.
Pemindai (Scanner)
Pemindai atau scanner  adalah perangkat yang memindahkan citra yang terdapat pada kertas atau  media lain ke dalam bentuk isyarat elektronik. Aslinya, citra yang  dibentuk disimpan secara elektronik sebagai berkas gambar (dalam format bitmap). Perangkat lunak pengenal karakter (character recognition software) yang disertakan pada setiap pembelian scanner dapat digunakan untuk mengubah berkas gambar tersebut menjadi berkas naskah. 
CD/DVD Reader/Writer
CD (compact disk) dan DVD (digital video/versatile disk)  adalah piringan atau cakram yang difungsikan sebagai penyimpan isyarat  elektronik. Dokumen elektronik disimpan dalam cakram tersebut sebagai  bintik-bintik yang memantulkan atau meneruskan berkas laser yang  disorotkan kepadanya. Pola bintik-bintik tersebut oleh komputer dibaca  dan diinterpretasikan sebagai karakter atau kode tertentu. Atas dasar  inilah, isi CD atau DVD bisa ditampilkan oleh komputer sebagai teks,  gambar, suara, maupun video.
Pada  proses penulisan, berlaku sebaliknya. Karakter atau kode tertentu yang  akan dituliskan dalam CD/DVD diubah dalam bentuk berkas laser yang akan  membakar permukaan CD/DVD sesuai pola yang dikehendaki. Pola pembakaran  inilah yang menjadikan titik-titik tertentu memantulkan berkas laser dan  titik-titik lainnya meneruskannya.
CD  merupakan piringan penyimpan dengan kapasitas simpan sebesar 700 MB  sedangkan DVD mampu menyimpan sampai 4,7 GB (1 GB = 1024 MB), sedangkan  DVD dua lapis (double layer) bahkan memiliki kapasitas 8,5 GB.
Di pasaran tersedia apa yang disebut sebagai CD ROM drive  yakni perangkat pembaca CD yang hanya bisa membaca isi CD saja. Untuk  dapat menuliskan berkas atau dokumen ke dalam CD diperlukan CD writer.  Kecepatan  menulis atau membaca isi CD dinyatakan dalam angka bulat  yang merupakan kelipatan dari 150 KB/detik. CD ROM drive  dengan  kecepatan 52X, misalnya, berarti mampu membaca data dengan kecepatan  52X150 KB/dt atau 7800 KB/detik atau sekitar 7,6 MB/dt. Untuk membaca  seluruh isi CD yang katakanlah berisi 700 MB diperlukan waktu sekitar 90  detik (ingat 1MB=1024 KB).
Demikian  pula, untuk membaca isyarat yang tersimpan dalam keping DVD, diperlukan  DVD drive atau yang banyak terdapat di pasaran dalam bentuk Combo  drive, yakni perangkat yang dapat membaca/menulisi keping CD sekaligus  dapat membaca isi keping DVD. Untuk dapat menulisi keping DVD diperlukan  perangkat yang disebut sebagai DVD writer.
Harddisk Eksternal
Harddisk eksternal adalah harddisk  yang terpasang di luar komputer. Oleh karena dipasang di luar komputer,  diperlukan koneksi agar dapat terhubung dengan komputer. Bila digunakan  konektor seperti yang ada pada harddisk internal, akan diperlukan banyak kabel sehingga tidak praktis. Oleh karena itu, umumnya harddisk eksternal menggunakan konektor USB (Universal Serial Bus) sebagai sarana menghubungkannya ke komputer. Harddisk eksternal tipe mini (yang berukuran 2,5” atau 3,5” dan menggunakan harddisk  untuk komputer laptop) umumnya tidak memerlukan catu daya tambahan. Ia  hanya memanfaatkan catu daya yang disediakan oleh konektor USB.  Sedangkan harddisk eksternal tipe 5,25” memerlukan catu daya tambahan,  selain konektor USB.
Pembaca Kartu (Card Reader)
Bermula  dari kebutuhan atas media penyimpan berukuran kecil, yang dapat  dimasukkan ke dalam sistem kamera digital, maka banyak produsen kamera  membuat dan memasarkan kartu memori. Kartu memori yang kira-kira  berukuran sebesar perangko, dirancang untuk menyimpan gambar digital  yang dihasilkan oleh kamera digital. Meskipun demikian, file jenis  apapun dapat disimpan dalam kartu memori ini. 
Untuk  keperluan transfer data antara kartu memori dengan sistem komputer,  diperlukan perangkat pembaca kartu. Bergantung pada bentuk dan  kemampuannya, ada berbagai jenis kartu memori beredar di pasaran, antara  lain: 
                                                            a.      Multimedia Card (MMC)
                                                            b.      Reduced Size MMC (RS-MMC)
                                                            c.      Compact Flash (CF)
                                                            d.      Secure Digital Card (SD Card)
                                                            e.      Mini SD
                                                            f.      Micro SD
                                                            g.      XD Card
                                                            h.      Memory Stick Pro
                                                            i.      Memory Stick Duo
Gambar A0- 10  Beberapa jenis kartu memori
Untuk  membaca dan menulisi kartu-kartu memori itu, diperlukan perangkat  pembaca kartu. Masing-masing kartu memiliki ukuran dan format penulisan  yang berbeda sehingga diperlukan pembaca kartu yang tepat untuk jenis  kartu tertentu. Meskipun demikian, banyak produsen yang membuat  perangkat pembaca kartu yang mampu membaca lebih dari satu jenis kartu  (beberapa produsen bahkan memproduksi pembaca kartu yang  mampu membaca  15 jenis kartu berbeda)  
Flashdisk
Flashdisk  mulai populer sebagai perangkat penyimpan data menggantikan disket.  Harganya yang relatif terjangkau dan kapasitasnya yang besar (tersedia  kapasitas 4GB dan cenderung terus meningkat) menjadikannya ideal sebagai  penyimpan data portabel. Ukurannya cukup kecil, bahkan lebih kecil dari  pemantik api sekali pakai, sehingga nyaman dibawa dan ditempatkan dalam  saku.
Flashdisk diakses oleh komputer melalui konektor USB (Universal Serial Bus).  Oleh karena itu, hanya komputer yang memiliki konektor USB saja yang  dapat menggunakannya. Komputer dengan sistem operasi Windows XP (dan  yang lebih mutakhir) umumnya langsung mengenali  perangkat penyimpan ini, sedangkan untuk sistem operasi Windows 98  maupun Windows ME, dan berbagai sistem operasi varians Linux, harus  dipasang driver-nya terlebih dahulu.  
Gambar A0- 11  Ukuran Umum Flashdisk
Gambar A0- 12  Komponen Elektronik dalam USB Flashdisk
A.          Tugas terstruktur:
a.    Amati dengan cermat komputer (atau laptop) yang Anda gunakan untuk mempelajari BBM TIK ini. Identifikasilah bagian-bagian yang dimiliki oleh komputer (atau laptop) tersebut. Tanyakan pada guru pemandu atau teman yang lebih tahu mengenai bagian-bagian komputer yang belum Anda kenal.
b.    Apakah Anda telah memiliki flashdisk? Bila Anda telah memilikinya, berapakah kapasitas flashdisk yang Anda miliki? Bagaimana cara mengetahui kapasitas flashdisk tersebut? Tanyakan pada guru pemandu bagaimana cara memeriksa kapasitas flashdisk kalau label yang menyatakan kapasitas flashdisk telah terhapus.
B.          Tugas Mandiri:
a.    Dapatkanlah  sebuah brosur atau iklan tentang komputer dari koran atau majalah.  Perhatikan spesifikasi yang ditawarkan. Bisakah Anda mengidentifikasi:
o   Prosesor yang digunakan?
o   Kapasitas memori yang terpasang?
o   Kapasitas hardisk yang dimiliki?
o   Ukuran layar monitor?
b.    Dapatkanlah iklan mengenai beberapa macam perangkat periferal dari koran, majalah, atau brosur pameran, misalnya: flashdisk, scanner, printer, mouse, keyboard.  Diskusikan dengan teman Anda (bilamana perlu dipandu oleh guru pemandu  atau teman lain yang lebih tahu) mengenai spesifikasi perangkat yang  ditawarkan. Cari penjelasan mengenai spesifikasi yang belum Anda ketahui  maksudnya.
a.      Sistem komputer
b.      Tutorial Microsoft  Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar