menu utama

subminal mp3s

Subliminal MP3s Powerful Subliminal Messages

SELAMAT DATANG

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA KE SITUS KAMI, SEMOGA BERMANPAAT BAGI ANDA

Minggu, 12 Juni 2011

PENDIDIKANKU.COM: TIK | ICT

PENDIDIKANKU.COM: TIK | ICT

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Pengertian
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mempunyai pengertian dari
dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi
Informasi, mempunyai pengertian luas yang meliputi segala hal yang
berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan
pengelolaan informasi. Teknologi Komunikasi mempunyai pengertian segala
hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan
mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Karena itu, Teknologi
Informasi dan Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan
yang mengandung pengertian luas tentang segala aspek yang terkait dengan
pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi
antar media menggunakan teknologi tertentu.
Fungsi dan Tujuan
Dengan memasukkan Teknologi Informasi dan Komunikasi di dalam
kurikulum sekolah, akan membantu siswa untuk belajar teknologi
informasi dan teknologi komunikasi, dan menggunakan segala potensi
yang ada untuk pengembangan kemampuan diri. Pembelajaran
Teknologi Informasi dan Komunikasi akan memberikan motivasi dan
kesenangan kepada siswa untuk belajar dan bekerja secara mandiri.
Selain itu penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi akan
meningkatkan proses pembelajaran pada semua tingkatan atau jenjang,
dengan menjangkau disiplin ilmu mata pelajaran lain.
Tujuan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara umum yaitu agar
siswa memahami alat Teknologi Informasi dan Komunikasi secara umum
termasuk komputer (computer literate) dan memahami informasi
(information literate). Artinya siswa mengenal istilah-istilah yang
digunakan pada Teknologi Informasi dan Komunikasi dan pada
komputer yang umum digunakan. Siswa juga menyadari keunggulan
dan keterbatasan komputer, serta dapat menggunakan komputer secara
optimal. Disamping itu memahami bagaimana dan dimana informasi
dapat diperoleh, bagaimana cara mengemas/mengolah informasi dan
bagaimana cara mengkomunikasikannya
Secara khusus, tujuan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi
adalah:
•Menyadarkan siswa akan potensi perkembangan teknologi informasi
dan komunikasi yang terus berubah sehingga siswa termotivasi
untuk mengevaluasi dan mempelajari Teknologi Informasi dan
Komunikasi sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat
•Memotivasi kemampuan siswa untuk bisa beradaptasi dan
mengantisipasi perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi,
sehingga siswa bisa melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan
sehari-hari secara mandiri dan lebih percaya diri.
•Mengembangkan kompetensi siswa dalam penggunaan Teknologi
Informasi dan Komunikasi untuk mendukung kegiatan belajar,
bekerja, dan berbagai aktifitas dalam aspek kehidupan sehari-hari.
•Mengembangkan kemampuan belajar berbasis Teknologi Informasi
dan Komunikasi, sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal,
dan terampil dalam berkomunikasi, mengorganisasi informasi,
belajar, dan bekerjasama.
•Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif,
kreatif, dan bertanggungjawab dalam penggunaan Teknologi
Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran, bekerja, dan
pemecahan masalah
Ruang Lingkup
Ruang lingkup Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Dasar
terdiri atas:
Aspek Pemahaman Konsep, Pengetahuan dan Operasi Dasar
Mencakup pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara
sederhana; lingkungan belajar sehat dengan peralatan Teknologi
Informasi dan Komunikasi; perangkat lunak menggambar dan perangkat
lunak pengolah kata.
Aspek Pengolahan Informasi untuk Produktivitas
Mencakup penggunaan ikon menggambar; penggunaan fitur; dan
penggunaan fungsi ikon pengolah kata.
Aspek Pemecahan Masalah, Eksplorasi dan Komunikasi
Mencakup mewarnai; membuat dan mengolah gambar; mengolah
dokumen; dan mengintegrasikan gambar, teks, tabel dan grafik.Standar Kompetensi Lintas Kurikulum
Standar Kompetensi Lintas Kurikulum merupakan kecakapan untuk
belajar sepanjang hayat sebagai akumulasi kemampuan setelah seseorang
mempelajari berbagai kompetensi dasar yang dirumuskan setiap mata
pelajaran.
Standar Kompetensi Lintas Kurikulum tersebut dirumuskan menjadi
sembilan standar kompetensi sehingga siswa mampu:
1. Memiliki keyakinan, mempunyai hak, menjalankan kewajiban dan
berperilaku sesuai dengan agama yang dianutnya, serta menyadari
bahwa setiap orang perlu saling menghargai dan merasa aman.
2. Menggunakan bahasa untuk memahami, mengembangkan, dan
mengkomunikasikan gagasan dan informasi, serta untuk berinteraksi
dengan orang lain.
3. Memilih, memadukan, dan menerapkan konsep-konsep dan teknikteknik
numerik dan spasial, serta
mampu mencari dan menyusun
pola,
struktur,
dan hubungan.
4. Memilih, mencari, dan menerapkan teknologi dan informasi yang
diperlukan dari berbagai sumber serta menilai kebermanfaatannya.
5. Memahami dan menghargai dunia fisik, makhluk hidup, dan
teknologi, dan menggunakan pengetahuan, keterampilan, dan nilainilai
untuk mengambil keputusan yang tepat.
6. Memahami konteks budaya, geografi, dan sejarah, serta memiliki
pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai untuk berpartisipasi aktif
dalam kehidupan, serta berinteraksi dan berkontribusi dalam
masyarakat dan budaya global.
7. Berpartisipasi dalam kegiatan kreatif di lingkungan untuk saling
menghargai karya artistik, budaya, dan intelektual serta menerapkan
nilai-nilai luhur untuk meningkatkan kematangan pribadi menuju
masyarakat beradab.
8. Menunjukkan kemampuan berpikir konsekuen, berpikir lateral,

berpikir kritis, memperhitungkan peluang dan potensi, serta siap
untuk menghadapi berbagai kemungkinan.
9. Menunjukkan motivasi dan percaya diri dalam belajar, mampu
bekerja mandiri, dan mampu bekerja sama dengan orang lain.
Standar Kompetensi Bahan Kajian Teknologi Informasi dan
Komunikasi

1. Pemahaman Konsep, Pengetahuan, dan operasi dasar
Mengenali Hakekat dan dampak teknologi, moral, dan etika
penggunaan teknologi, media massa digital, masalah ergonomis dan
keamanan, dasar-dasar komputer serta pengoperasian teknologi
multimedia.
2. Pengolahan Informasi untuk Produktivitas
Menggunakan pengetahuan dan keterampilan untuk berbagai
macam dasar perangkat produktivitas teknologi.
3. Komunikasi, Eksplorasi, Pengambilan keputusan dan Penyelesaian
Masalah
Menggunakan pengetahuan dan keterampilannya dalam situasi
kehidupan nyata untuk mendapatkan informasi, mengelola gagasan,
memecahkan masalah, melakukan penelitian, dan menggunakan
perangkat komunikasi untuk mengirimkan informasi kepada orang
lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar